Ditemukan! Dinosaurus Terbesar di Eropa

Ini merupakan hewan terbuas di Semenanjung Iberia.

Ditemukan! Dinosaurus Terbesar di Eropa peninggalan.com
Torvosaurus gurneyi, dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di daratan Eropa. (BBC)

Peninggalan.com - Ilmuwan telah mengonfirmasi temuan dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan pada daratan Eropa, lebih tepatnya di Praia da Vermelha, Portugal bagian utara. 

Sosok dinosaurus yang dikenal dengan Torvosaurus gurneyi bisa tumbuh dengan panjang 10 meter dan bobot 4-5 ton.

Dilansir oleh BBC pada 7 Maret lalu, Torvosaurus gurneyi merupakan spesies yang hidup lebih lama dari masa hidup Tyrannosaurus rex, suatu jenis dinosaurus theropoda yang berkaki dua dan pemakan daging(carnivora). Periode T. rex hidup pada 145 hingga 65 juta tahun lalu atau pada periode Cretaceous.

"Dinosaurus ini hidup pada periode Jurassic. Selisih usia dua dinosaurus ini 80 juta tahun. Makanya. ketika T. rex berjalan di Bumi, makaTorvosaurus sudah menjadi fosil," ungkap rekan penulis studi Prof Octavio Mateus dari New University of Lisbon.

Para peneliti kini telah menggali sejumlah bagian tubuh Torvosaurus pada kawasan kaya fosil di Portugal, Lourinha. Dan Spesimen di kawasan ini meliputi embrio dan telur. Peneliti bersyukur menemukan tulang rahang atas Torvosaurus, hingga membantu lebih baik dalam mendalami dinosaurus ini.

Ada fakta menarik yakni jenis Torvosaurus juga sudah ditemukan pada daratan Amerika Utara, dan dinamai Torvosaurus tanneri. Sobat peninggalan.com, Sebuah fosil di belahan benua lain itu ditemukan pada periode usia yang sama dengan Torvosaurus gurneyi.

Mengenai ini, Christophe Hendrickx pemimpin studi tersebut menjelaskan 150 juta tahun lampau, Samudra Atlantik belum terbentuk. Dan daratan Eropa dan Amerika Utara masih menyatu.

Para peneliti juga menemukan fosil gigi T. gurneyi yang tajam sepanjang 10 cm. Sobat peninggalan.com, Hal ini menunjukkan dinosaurus ini merupakan hewan terbuas di Semenanjung Iberia. 

"Wilayah ini merupakan aera yang banyak sungai, air tawar, dan vegetasi. Sehingga cocok untuk herbivora. serta, dengan adanya herbivora, maka datanglah karnivora seperti Torvosaurus," ungkap Mateus. 

Walau Torvosaurus merupakan dinosaurus terbesar di daratan Eropa, akan tetapi ia bukanlah dinosaurus terbesar yang pernah hidup di Bumi.

Giganotosaurus Carcharodontosaurus, dan Tyrannosaurus yang merupakan dinosaurus pada akhir periode Cretaceous, adalah dinosaurus darat yang lebih besar.

0 Response to "Ditemukan! Dinosaurus Terbesar di Eropa"

Post a Comment